0

Wow... 44 Pilot Whale Terdampar di Sabu


Pos Kupang - Rabu, 3 Oktober 2012 | 10:24 WITA


ikan_paus.JPG

Sekitar 44 ekor ikan paus terdampar di Pantai Haingahu, Kampung Kohabe, Desa Deme, Kecamatan Liae, Sabu Raijua. Ikan paus jenis Pilot Whale ini diketahui terdampar oleh nelayan pada Senin (1/10/2012) malam.

"Kami berusaha mendorong ke tengah laut, tetapi tiga ikan kembali lagi ke darat. Kami upayakan lagi, tapi ikan kembali lagi. Hanya satu ekor yang terus ke tengah laut. Dan, saya baru lihat ikan begini banyak yang terdampar," kata

Komandan Pos Angkatan Laut (Posal) Sabu Raijua, Letda (P) Tendri Adrian, yang dihubungi, Selasa (2/10/2012).

Tendri mengatakan, setelah mendapat laporan warga, pihaknya  langsung bersama nelayan menyelamatkan empat ekor ikan paus yang masih bernapas dengan cara mendorong ke laut. Namun, ikan-ikan itu kembali ke tepi pantai. Upaya penyelamatan ikan paus tersebut terus berlangsung hingga pukul 11.00 Wita, Selasa (2/10/2012).

Tendri menjelaskan,  pihaknya datang ke lokasi dan menemukan ada 44 ikan paus yang terdampar. "Kami bersama aparat Koramil  mengajak masyarakat, ayo kita selamatkan ikan paus ini. Dan, direspons oleh masyarakat. Kami kerja sama menyelamatkan ikan ini," ujarnya.

Dari 44 ekor ikan paus tersebut, demikian Tendri, hanya empat ekor yang masih bernapas dan dalam kondisi lemah. Saat itu dievakusi ke tengah laut. Upaya penyelamatan  berlangsung hingga pukul 03.00 Wita Selasa (2/10/2012) dini hari.

Pihaknya, kata Tendri, terus memantau ikan paus yang berhasil ke tengah laut tersebut menggunakan teropong dan tampak ikan itu hilang dari pandangan sekitar pukul 11.00 Wita.

Informasi dari warga Sabu, ikan paus yang sudah dipastikan mati tersebut  dimanfaatkan oleh warga untuk mengambil dagingnya.

Tendri mengatakan,  pihaknya belum mengetahui pasti mengapa ikan paus terdampar di wilayah itu. Namun, lanjutnya, perairan Sabu merupakan wilayah atau jalur migrasi ikan paus. 

"Mungkin ikan ini sedang migrasi dari selatan Australia ke arah utara melewati perairan kita (Sabu). Entah mengapa sampai bisa terdampar," kata Tendri.

Ia memperkirakan, kemungkinan terjadi perubahan iklim global yang berpengaruh terhadap arah jalur ikan ini.  Hal lainnya, demikian Tendri, ikan paus tersebut terpengaruh cuaca buruk sehingga terdorong ke daratan saat migrasi.

"Tadi ada yang tanya saya, apakah ini karena bom ikan, saya katakan kemungkinan bukan karena bom. Ini hanya fenomena alam saja. Tapi ini belum pasti juga," ujarnya.

Ia mengatakan, biasanya ikan paus yang terdampar hanya satu atau dua ekor saja, namun kali ini sampai 44 ekor. "Saya baru lihat ikan begini banyak yang terdampar," katanya.

Sementara sumber lain mengatakan, ikan paus tersebut kemungkinan mengalami gangguan sonar sehingga mengalami disorientasi arah. Selain itu, suhu air laut yang berubah juga berpengaruh  terhadap ikan-ikan ini.

Hampir setiap tahun ada ikan paus yang terdampar di pantai-pantai Pulau Sabu. Tetapi, biasanya hanya satu ekor.  Kali ini, ikan paus yang terdampar sebanyak 44  ekor sehingga menarik perhatian warga Sabu untuk menyaksikannya.

0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

Komntas Bahasa Kedang

Komntas Bahasa Kedang
baik

Mi perfil

Foto Saya
Iskandar Noreng
saya suka main bola
Lihat profil lengkapku